Who we are

Gerak Bareng

Rumah Sehat Hijrah (RSH)

Rumah Sehat Hijrah (RSH) memiliki 3 program regular yaitu : 

1.       1. Thibbun Nabawi

Banyak pilihan layanan kesehatan ketika masyarakat berobat untuk menyembuhkan penyakitnya. Layanan Thibbun Nabawi sebagai bagian dari Program Rumah Sehat Hijrah (RSH) hadir sebagai layanan kesehatan berbasis syariah yaitu berbasis sunnah Rasul. Selain dengan medis, kebutuhan layanan Kesehatan  non medis termasuk tinggi sehingga pilihan pengobatan thibbun Nabawi masih diminati oleh masyarakat .

Suatu program berbasis Kesehatan Metode thibbun nabawi ini rutin diadakan. Ruqyah syar’iyah, bekam, gurah, fasdhu dan akupuntur adalah sebagian layanan kesehatan yang disediakan di Rumah Sehat Hijrah. Thibbun Nabawi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap terjaga kesehatannya.

Adapun sumber daya manusia metode thibbun Nabawi memiliki pengalaman yang terlatih dibidangnya sehingga dapat dipercaya dalam pelayanan kesehatannya.



2.       2. Pendampingan Pasien

Program Pendampingan pasien merupakan program inisiasi ketika Gerak Bareng berdiri November  2016 , sejak saat itu relawan pendampingan pasien telah bergerak mendampi pasien dhuafa dalam menangani penyakit dari diagnosa sehingga dilakukan tindakan lanjutan. Fungsi kerelawanan dalam pendampingan pasien adalah  fungsi jaringan dilakukan dengan mengoptimalkan dan melibatkan jaringan-jaringan yang ada mulai dari relawan, instansi,donor atau pihak lain yang memiliki kepentingan.

Pendampingan pasien masih berlangsung sampai saat ini dengan telah menangani lebih dari 25 pasien dari berbagai daerah seperti Lombok, Palu, Garut, Aceh, Medan, Jakarta, Bogor, Tangerang dll. Berbagai pasien telah didampingi dimana sebagian besar dari mereka termasuk dalam perawatan paliatif , pasien yang menderita penyakit kronis stadium lanjut. Tujuan dari pendampingan ini untuk meningkatkan kualitas hidup.

Berbagai upaya pendekatan yang dilakukan oleh Gerak Bareng dalam mendampingi pasien dari sisi psikologis, psikososial, mental maupun spiritual  pasien sehingga pasien lebih tenang dan terbuka ketika didampingi oleh relawan Gerak Bareng. Pasien juga mampu berkomunikasi dengan baik kepada pihak relawan dan keluarga sehingga membantu menstabilkan emosi pasien





3. Layanan Ambulans

Layanan Ambulans sebagai bentuk kepedulian Gerak Bareng kepada masyarakat dhuafa yang membutuhkan.  Layanan Ambulans merupakan program regular dari Rumah Sehat Hijrah yang terdiri dari dua hal yaitu :

a.       Layanan Jemput Jenazah

Layanan public gratis yang memberikan kemudahan bagi dhuafa yang meninggal untuk mengantarkan dari rumah duka/masjid ke liang lahat atau dimakamkan di kampung halaman. Layanan ini muncul ketika banyak keluarga miskin yang merasa kesulitan dalam mengantar keluarga mereka karena kesulitan biaya.

b.      Layanan Penjemputan Pasien

Merupakan suatu pelayanan kemudahan dalam membantu pasien untuk nmenghantar pasien dari Rumah Sakit  ke rumah atau sebaliknya untuk pasien dhuafa yang tidak bisa berangkat sendiri karena kesulitan kendaraan atau akses. Dengan adanya layanan ini maka pasien mendapatkan layanan Kesehatan yang memudahkan dan terbaik.