Who we are

Gerak Bareng

Rumah Quran Sembalun

Berawal pada Juli-Agustus tahun 2018 terjadi Gempa Bumi tepatnya di wilayah Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, banyak korban dari pemuda, sehingga Lembaga Kemanusiaan Gerak Bareng yang merupakan Lembaga Sosial Kemanusiaan membangun program pendidikan yakni Program Rumah Qur’an.

Rumah Qur’an At Tazkiyyah Sembalun menjadi salah satu sarana dan wadah dalam membangun generasi yang Qur’ani dan berakhlakul karimah yang berasal dari lahan sebesar 2900 meter di wilayah Lombok Timur.

Visi dari Rumah Qur’an At Tazkiyyah Sembalun adalah menjadi wadah untuk melahirkan generasi Qur’ani menuju masyarakat madani di wilayah NTB. Sebuah mimpu mencetak 1000 generasi Qur’ani, pemimpin muslim yang kuat diantara kesejukan alamnya Sembalun, Lombok Timmur. Rumah Qur’an yang dibangun paska gempa di Lombok  2 tahun silam diharapkan menjadi pusat pengembangan Islam dan pusat dakwah di Lombok dan sekitarnya. Bahkan Rumah Qur’an At Tazkiyyah ini akan menjadi pusat pemberdayaan ekonomi dan layanan Kesehatan untuk masyarakat Sembalun.




Adapun kegiatan dari Rumah Qur’an At Tazkiyyah adalah Kajian Umum Bulanan, Kajian Tahsin Tahfizh serta Pesantren. Kegiatan RQS diikuti oleh baik anak anak maupun orangtua, baik mereka mengikuti sesuai kegiatan kajian tertentu maupun dalam bentuk menginap (boarding)



 Peletakkan batu pertama Rumah Quran Sembalun terjadi pada tanggal 23 Juli 2020 di Sembalun yang dihadari oleh pihak pemerintah setempat dan masyarakat sekitar Sembalun.  Saat ini Masjid Umar Al Fatih dan Ruang Kantor telah dibangun, yang kemudian akan dibangun aula untuk proses belajar mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dan pesantren dapat berjalan.