Who we are

Gerak Bareng

Program Reguler

1.Program Indonesia Timur Berdaya

Tak dapat dipungkiri, wilayah timur Indonesia seringkali luput dari perhatian lembaga-lembaga sosial maupun pemerintahan dalam menjalankan program-program sosialnya. Hal ini disebabkan oleh sulitnya akses dan minimnya informasi yang bisa digali terkait dengan kondisi teraktual dari wilayah-wilayah tersebut.

 

Namun, sebagai bentuk tanggung jawab sosial Gerak Bareng terhadap pembangunan dan pengembangan di Indonesia, kami secara berkesinambungan menyalurkan bantuan dan turut membantu menyelesaikan permasalahan sosial yang dihadapi oleh masyarakat di wilayah timur Indonesia.

 

Sejauh ini, Gerak Bareng telah turut berperan dalam:

a.       Papua

Saat terjadi kebakaran besar di Agats, Papua, Gerak Bareng bekerjasama dengan relawan kami yang bermukim disana dan para dai yang selama ini mendakwahkan islam di wilayah tersebut untuk mendata kebutuhan mendasar masyarakat yang terdampak kebakaran tersebut.

Selain bantuan logistik yang secara berkelanjutan dikirimkan, serta program trauma healing bagi anak-anak yang menjadi korban kebakaran, Gerak Bareng juga membangun ulang Masjid dan menyalurkan mushaf di wilayah terdampak.

 


ยง  Ambon

Setelah gempa besar yang mengguncang Ambon, relawan Gerak Bareng yang terbentuk dalam beberapa tim berangkat ke Ambon dengan membawa bantuan logistic dan terpal untuk membangun rumah-rumah sementara bagi warga terdampak gempa. Selain itu, bekerja sama dengan mahasiswa dan pihak pemerintahan, kami mendirikan posko bantuan dan menyalurkan ratusan paket bantuan hidup kepada masyarakat guna membantu mereka memulihkan kehidupan mereka pasca bencana

 

ยง  Halmahera Timur, Maluku

Wilayah Akilamo di Halmahera menjadi pusat perhatian kami karena wilayah tersebut sama sekali belum disentuh oleh listrik dan teknologi lainnya. Gerak Bareng membantu wilayah tersebut dengan program pengadaan solar cell sehingga masyarakat disana mendapatkan pasokan listrik dan dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik.

Selain itu, wilayah-wilayah tersebut juga menjadi sasaran Qurban sampai Pelosok yang diinisiasi Gerak Bareng setiap iedul Adha.


       2. Program Renovasi Rumah Dhuafa

Puluhan rumah dhuafa telah berhasil kami renovasi di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa diantara rumah tersebut dibangun kembali pasca musibah yang menimpa keluarga dhuafa tersebut seperti kebakaran atau kebanjiran, beberapa lainnya adalah rumah-rumah para pejuang keluarga yang kondisinya sudah tak layak huni namun tak kunjung diperbaiki karena keterbatasan ekonimi keluarga tersebut.

Dengan mengedepankan asas gotong royong, Gerak Bareng selalu bekerjasama dengan pihak pemerintah setempat dan juga warga di sekitar lokasi untuk membantu pembangunan rumah-rumah tersebut. Hasilnya, bukan hanya dapat menekan biaya renovasi namun juga mempererat hubungan kekeluargaan antara pemilik rumah dengan warga disekitarnya.


       3. Program Tongkat Tuna Netra

Bantuan tongkat untuk tuna netra merupakan kepedulian kepada masyarakat tuna netra dalam menjalankan aktvitas mereka sehari-hari . Tongkat tuna netra ini sebagai alat mobilitas yang memiliki fungsi sebagai perpanjangan tangan  tuna netra  dapat melakukan perjalanan mandiri  dan aman, terhindar dari menabrak atau jatuh.

Gerak Bareng bekerjasama dengan Ikatan Tuna Netra Seluruh Indonesia serta Forum Komunikasi Tuna Netra Fisabilillah di Jakarta dalam memberikan bantuan  233 tongkat. Selain itu, Gerak Juga mendistribusikan di acara Hari Tuna Netra Indonesia Cidahu Sukabumi dengan memberikan bantuan tongkat.  Distribusi tongkat ini berada pada wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi


4. Program Yatim dan Janda Dhuafa

Setiap tahunnya Gerak Bareng rutin memberikan santunan kepada anak-anak yatim dan juga janda dhuafa di sekitar Garasi Hijrah. Gerak Bareng sebagai lembaga sosial kemanusiaan bekerjasama dengan pihak pihak terkait di sekitar lokasi untuk terus memantau kondisi masyarakat di sekitar Garasi Hijrah sehingga bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Belakangan, kegiatan santunan yatim dan janda dhuafa Gerak Bareng semakin meluaskan jangkauan manfaatnya, menyasar yatim dan janda dhuafa di wilayah sekitar para relawan Gerak Bareng bermukim. Hal ini bertujuan untuk mendorong kepekaan sosial para relawan Gerak Bareng terhadap kondisi di sekitar tempat tinggalnya.

5.Program Bakti Sosial

Kegiatan bakti social merupakan suatu program layanan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dalam kegiatan social. Dengan adanya kegiatan ini, Gerak Bareng memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan memberikan bantuan ekonomi serta Kesehatan. Selain itu juga disalurkan pakaian layak pakai untuk masyarakat kaum dhuafa

 

6    6. Program Warung Berkah

Sejak 2017 lalu, Gerak Bareng bersinergi dengan Yatim Seribu Pulau besutan Kak Iman mengadakan warung gratis bagi masyarakat dhuafa. Dengan food car, makanan hasil masakan para santri Yatim itu didistribusikan dengan cara berkeliling ke perkampungan-perkampungan kumuh di sekitar jabodetabek.

Pagi-pagi sekali, ratusan porsi dari aneka makanan yang menggugah selera disebarkan ke beberapa wilayah guna menyemangati para pejuang keluarga yang harus berjuang mencari nafkah sejak pagi meskipun perut mereka belum terisi.