Relawan Muda, Berdaya Guna Bagi Bangsa

Kemanusiaan, | 31 October 2020 08:50:09

Pada hari Sumpah Pemuda tahun 2020 ini, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo mengucapkan  banyak terima kasih kepada para pemuda relawan kemanusiaan yang telah berjuang melawan Covid-19.


Seperti diketahui, sejak beberapa bulan lalu relawan yang kebanyakan adalah remaja dan pemuda telah membantu penanganan Covid, di tingkat pusat maupun daerah hingga sampai dengan tingkat RT dan RW.

Sejatinya, memang pemuda di masa pandemi seperti saat ini setidaknya ikut andil menjadi relawan kemanusiaan. Banyak tugas yang dilakukan relawan kemanusiaan di masa pandemi. Bisa dengan langsung turun ke lapangan atau melalui jaringan virtual serta media sosial.

Salah satu contoh aksi yang langsung turun ke lapangan adalah yang dilakukan relawan Gerak Bareng dan lembaga kemanusiaan lainnya, yakni melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga dan fasilitas tempat ibadah. Sejak Maret lalu relawan Gerak Bareng sedikitnya sudah melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah wilayah Jakarta dan Tangerang, Banten.

Tidak hanya itu, relawan Gerak Bareng yang memang kebanyakan masih pemuda ini juga ikut membagikan sembako kepada mereka yang berhak mendapatkan. Tidak hanya Jabodetabek, relawan ikut membagikan sampai ke Nusa Tenggara Barat dan Jawa Barat.


“Ini merupakan ikhtiar kami untuk membantu saudara-saudara kita yang kekurangan terutama yang terkena dampak corona,” ucap Rizki Yansyah, Direktur Gerak Bareng.

Sementara itu, relawan pemuda untuk Covid 19 ini yang terbagi menjadi dua, medis dan non medis.

Mengutip dari laman BNPB, Wakil Koordinator Program Bidang Relawan Satgas Covid-19, Prasetyo Nurhardjanto mengatakan, sampai  11 September 2020, jumlah pendaftar relawan Covid-19 mencapai 31.475 orang.


Dengan rincian, sebanyak 6.721 orang menjadi relawan medis dan tenaga kesehatan dan 24.754 orang menjadi relawan non kesehatan.

Peran relawan muda ini tidak bisa dipandang sebelah mata, mereka meluangkan waktu dan tenaga untuk tugas kemanusiaan.

Untuk kalian para pemuda, tugas kemanusiaan masih akan menanti di masa akan datang. Selagi masih muda jadilah insan berguna untuk masyarakat, agama dan bangsa. Selamat hari sumpah pemuda. Relawan pemuda siap bertugas di mana saja !. *NHP/GB