Kenapa Kita Harus Jadi Relawan?

Kemanusiaan, | 10 April 2020 08:34:15


Sahabat, kenapa sih kita harus jadi relawan? Kan capek! Iya benar, memang capek menjadi relawan. Namun, ada yang lebih penting dari sekadar capek. Ada yang lebih besar dari sekadar mengikuti ego diri. Ada yang lebih krusial dari sekadar memenuhi nafsu pribadi. Apakah itu? Simak ulasan berikut ini!

Sebelum mengupas tentang alasan mengapa harus melakukan kerja kerelawanan, ada baiknya kita menyamakan persepsi terlebih dahulu tentang apa itu relawan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan relawan dari kata sukarelawan, yaitu orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena diwajibkan atau dipaksakan).

Hal ini senada dengan definisi relawan secara internasional. Relawan dalam Bahasa Inggris disebut dengan volunteer. Menurut Cambridge Dictionary, volunteer is a person who does something, especially helping other people, willingly and without being forced or paid to do it.

Ya, kekinian kata relawan memang selalu dikaitkan dengan pekerjaan untuk membantu orang lain atau menyelesaikan permasalahan orang lain. Namun pekerjaan tersebut dilakukan dengan kemauan sendiri dan tanpa pamrih.


Lalu kenapa kita harus jadi relawan? Dalam Islam, Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam bersabda, “Khairunnaas anfa’uhum linnaas.” Hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, At-Thabrani dan Ad-Daruqutni ini berarti, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.”

Hadis inilah yang menjadi esensi dari kerja-kerja kerelawanan, yaitu untuk memberikan kemanfaatan bagi manusia yang lain. Dengan demikian dirinya sendiri dapat digolongkan sebagai sebaik-baiknya manusia.


Namun ternyata, menjadi relawan tidak hanya tentang memberikan manfaat saja. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menjadi relawan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Membangun keterampilan sosial dan keterampilan menjalin hubungan. Hal ini terutama bagi Sahabat yang memiliki karakter pemalu dan tertutup. Dengan menjadi relawan, dapat membantu Sahabat untuk mencoba membuka diri dan memulai obrolan dengan orang baru. Pada akhirnya, ini dapat mengasah keterampilan Sahabat dalam bersosialisasi dan menjalin pertemanan.
  2. Membantu membangun jaringan. Manfaat ini bisa didapatkan ketika Sahabat melakukan kerja kerelawanan dengan bergabung pada satu komunitas atau lembaga tertentu. Banyaknya orang baru yang terlibat dan ditemui di sana bisa menjadi jaringan baru bagi Sahabat. Jaringan ini bisa Sahabat manfaatkan untuk mengembangkan diri, misalkan untuk ekspansi bisnis.
  3. Memberikan pengalaman berharga. Kerja kerelawanan yang dilakukan bisa jadi berbeda dengan aktivitas yang Sahabat lakukan sehari-hari. Hal ini tentu saja akan menjadi pengalaman berharga. Bahkan bisa jadi Sahabat juga akan mendapatkan keterampilan baru dengan terjun menjadi relawan.
  4. Mengasah kepekaan. Kerja kerelawanan biasanya diidentikkan dengan membantu orang lain yang sedang kesusahan atau terkena bencana. Dengan terjun di dalamnya, Sahabat dapat mengasah empati dan kepekaan hati melihat kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Hal ini menjadi modal yang sangat berarti dalam menjalin hubungan sosial baik di lingkungan pekerjaan maupun masyarakat. 
  5. Membantu meningkatkan kualitas hidup. Banyak studi mengungkapkan bahwa dengan menjadi relawan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup. Secara lahir, relawan jadi lebih bugar karena sering bergerak. Secara batin, menjadi relawan ternyata dapat mengurangi tingkat kecemasan, stres, dan amarah, serta membuat hati menjadi lebih bahagia. Selain itu, seorang yang sering terlibat dalam kerelawanan juga terbukti lebih percaya diri.
  6. Memberikan kepuasan dan kecanduan berbuat baik. Berbuat baik itu candu. Maka Sahabat harus bersiap-bersiap kecanduan berbuat baik setelah mencoba menjadi relawan. Menatap senyum bahagia mereka yang terbantu dan ungkapan terima kasih mereka, memberikan kepuasan tersendiri pada batin sehingga memicu untuk terus berbuat baik.
  7. Menjadi manusia seutuhnya. Last but not the least, menjadi relawan itu bisa membentuk Sahabat menjadi manusia seutuhnya. Ya, manusia yang tidak hanya memiliki karsa atau kehendak saja, tapi juga memiliki rasa, mempertajam nurani. Dengan demikian, Sahabat dapat lebih peka, lebih berempati, dan lebih memiliki keinginan untuk memberikan manfaat bagi orang lain.

Nah, seru kan Sahabat menjadi seorang relawan itu?! Maka, yuk  persiapkan diri Sahabat untuk bermanfaat bagi orang lain dengan cara jadi relawan. Bagaimana cara untuk jadi relawan, nanti kita akan ulas di artikel berikutnya ya!  Sahabat juga bisa menjadi relawan di Gerak Bareng, lho! Mari sama-sama kita tebarkan kebahagiaan bagi orang lain dengan melakukan kebaikan.