Alhamdulillah, Pelunasan Garasi Hijrah Bisa Tercapai Di Akhir 2020

Kemanusiaan, | 21 November 2020 13:05:47

Ucapan rasa syukur tak henti-hentinya dari lisan kami pengurus serta relawan Gerak Bareng. Pasalnya Kamis ( 13/11/2020) lalu atas izin Allah , akhirnya di tahun 2020 kami bisa melunasi rumah tersebut yang kini dipakai untuk kantor Gerak Bareng dan Garasi Hijrah.

Tidak terbayang sebelumnya jika kami bisa melunasi harga lahan dan bangunan tersebut senilai Rp 2,5 Milyar .

Sebelumnya Garasi Hijrah bukan berada pada bangunan yang sekarang kami tempati, tetapi dulu kami menempati sebuah rumah milik Kakak dari Bang Ahmad Zaki, Founder Gerak Bareng.



Awalnya fungsi Garasi Hijrah hanya sebagai tempat para relawan berkumpul, untuk berbagi pengalaman dan tukar gagasan. Perlahan di Garasi Hijrah mulai menjalankan beberapa program-program, khususnya waktu itu program yang pertama kali yaitu program hapus tato gratis.


Seiring berjalannya waktu, rumah tersebut ingin ditempati oleh Kakak dari Bang Ahmad Zaki, sehingga kami harus pindah dan mencari tempat lagi. Karena para relawan pada saat itu banyak yang berdomisili di Jakarta, kami memutuskan untuk mencari tempat yang lokasinya masih berada di Jakarta.

Ternyata tidak jauh dari Garasi Hijrah yang dulu kami tempati, ada sebuah rumah yang memang dikontrakan, pemiliknya tau kegiatan Gerak Bareng. Pemilik rumah tersebut menawarkan untuk mengontrak dirumahnya tersebut, dengan lebih murah dari orang yang sebelumnya mengontrak. 


Akhirnya kami memutuskan mengontrak rumah tersebut, kami mengontrak tempat tersebut selama  setahun terlebih dahulu. Lahan dan bangunan yang dikontrakan bukanlah semua full bangunan rumah, tetapi hanya sebagian bangunan saja, sedangkan sebagian bangunan rumah lainnya masih dipakai sebagai tempat tinggal dari pemilik rumah.

Kami pun melakukan beberapa renovasi agar tempat tersebut bisa maksimal dipakai. Rumah itu tidak hanya digunakan sebagai markas relawan GB, tetapi kami juga mulai memfungsikannya sebagai layaknya kantor untuk teman-teman pengurus GB, serta tempat untuk program layanan lainnya.


Medio Februari 2018, Garasi Hijrah pun akhirnya diresmikan dengan melakukan tasyakuran serta pengadaan Sembako Murah untuk warga sekitar, dan peluncuran beberapa layanan program lainnya, diantaranya Rumah Sehat Hijrah (Layanan Kesehatan Thibunnabawi), Kompaklapak (Layanan Pengumpulan Pakaian Layak Pakai), Berani Hijrah Baik (Layanan Hapus Tato Gratis), Gerak Bareng (Layanan Sosial Kemanusiaan)

Dipertengahan masa kontrak kami menempati rumah tersebut, tiba-tiba pemilik rumah ingin menjual rumah tersebut  dan sedikit membingungkan kami juga membuat kami khawatir.

Selanjutnya kami mulai menggalang dana untuk Pengadaan Garasi Hijrah, agar program-program layanan kebaikan bisa terus berjalan.

Masa kontrak kami menempati rumah tersebut pun sudah habis, tetapi kami masih belum bisa melunasi pembelian rumah tersebut. Hingga akhirnya kami membayar masa sewa lagi selama setahun kedepan di tahun 2019, diluar dari kesepakatan kami membeli dan melunasi rumah seharga Rp. 2,5 M tersebut. Itu adalah keringanan yang diberikan oleh pemilik rumah sampai kami melunasi rumah tersebut.

Di tahun 2019 kami terus menggalang dana dan sedikit demi sedikit mulai mencicil pembayaran kepada pemilik rumah. Sampai akhir tahun 2019 kami masih belum bisa melunasi pembayaran dan selalu meminta keringanan kepada pemilik rumah perihal pembayaran. Pemilik rumah pun memaklumi perihal tersebut.


Hingga akhirnya di tahun 2020 kami bisa melunasi rumah tersebut, dan pada hakikatnya rumah tersebut yang kami beri nama Garasi Hijrah adalah bukan milik kami, melainkan milik umat.

Setelah sudah lunas , tempat ini diamanahkan untuk umat. Kami akan terus mengembangkan kebermanfaatan bangunan ini untuk kemaslahatan umat.

Doakan kami, tempat ini juga di tahun mendatang berencana ingin membuat rumah quran .

“Kami ingin para relawan di Gerak Bareng menjadi penghafal Qur’an, insya allah kami akan membuat rumah qur’an,”kata Rizky Yansyah, ketua Yayasan Gerak Bareng.* GB/ RZY/NH