Manfaat puasa untuk kesehatan

Ramadhan, | 13 May 2020 15:26:44

 



Ibadah puasa Ramadhan tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sisi rohani untuk umat Muslim, namun juga berdampak pada kesehatan.

   "Sehubungan dengan hal ini Allah SWT sudah mengingatkan dalam Al-Quran di surat Al-A'raaf ayat 31,' Makan dan Minumlah, dan jangan berlebih-lebihan.

    Memiliki tubuh yang selalu sehat adalah keinginan banyak orang, berbagai macam cara ditempuh mulai dari menjaga pola makan, hingga mengkonsumsi suplemen-suplemen kesehatan. Ternyata selain itu semua, melakukan puasa dapat berdampak positif untuk kesehatan.

      Apa saja manfaat puasa untuk kesehatan? Berikut penjelasannya:


1: Menurunkan resiko penyakit jantung

       Dikutip dari laman merdeka.com, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang berpuasa selama sebulan sekali memiliki resiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung daripada yang tidak berpuasa.

       Selain itu, berpusa juga dapat mencegah hal-hal yang menyebabkan penyakit jantung, seperti diabetes dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun sebaiknya diimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan tidak mengandung lemak jahat.

2: Menurunkan berat badan

      Saat berpuasa, tubuh akan membakar lemak berlebih di sekitar organ seperti ginjal maupun hati. Hal ini dapat membantu mencegah dan memperbaiki fungsi terganggu.

3: Kontrol gula darah

     Dengan berpuasa akan membantu memecah glukosa, sehingga tubuh dapat memperoleh energi, yang mengurangi produksi insulin. Hal tersebut kemudian akan memberi istirahat pada organ pankreas. Glukogen diproduksi untuk pemecahan glukosa dan hasil puasa adalah pengurangan gula darah.

4: Mengontrol tekanan darah tinggi

       Manfaat puasa yang ke empat selama bulan Ramadahan adalah membantu mengurangi resiko aterosklerosis. Aterosklerosis adalah penyakit yang muncul karena adanya penyumbatan oleh lemak, kolesterol, kalsium pada arteri di tubuh.

         Tingkat metabolisme juga akan berkurang pada saat berpuasa, begitu juga sekresi hormon adrenalin dan non adrenalin juga berkurang. Hal itu akan membantu menjaga laju metabolisme tetap stabil, sehingga mengontrol tekanan darah tinggi.

5: Waktunya detoksifikasi

      Pada siang hari, terjadi proses detoksifikasi, racun yang disimpan dalam lemak tubuh dilarutkan dan dikeluarkan dalam tubuh. Padahal di usus kita sudah menumpuk lemak dan kotoran dari makanan yang kita makan. Melakukan puasa bisa mendetoksifikasi tubuh, sehingga kita jadi lebih sehat dan merasa makan menjadi lebih enak.

6: Meningkatkan kesehatan mental

     Selain memberikan manfaat secara fisik, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Saar puasa tubuh dapat memproduksi banyak endorphin. Endorphin itu sendiri adalah hormon yang membuat bahagia.

       Hal tersebut dapat meningkatkan mood, meningkatkan rasa bahagia, mencegah depresi, dan juga gangguan kecemasan. Efek tersebut akan dapat dirasakan setelah 3-4 hari, karena tubuh butuh adaptasi.

7: Membuat awet muda

     Berpuasa dapat membuat tubuh kita menghentikan sementara atau mengurangi proses metabolisme yang ada di dalam tubuh, khususnya pada saluran pencernaan. Penghentian proses metabolisme inilah yang dapat menghambat penuaan dini.


Itulah beberapa manfaat yang didapatkan apabila melaksanakan puasa. Selain mendapatkan pahala, namun juga tubuh lebih sehat secara fisik dan mental.



(AKANE AJIE)