Gerak Bareng Salurkan Bantuan ke Camp Pengungsi Rohingya yang Terbakar di Bangladesh

Sosial Kemanusiaan, | 28 March 2021 13:17:22

GB, Cox's Bazar- Kebakaran yang terjadi di camp pengungsian muslim Rohingya di Cox's Bazar, Bangladesh Senin (22/03/2021) lalu mengakibatkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.


Berdasarkan dari UNHCR, sedikitnya 25 orang meninggal, 400 orang hilang,550 jiwa mengalami luka-luka serta hampir 50.000 orang tidak punya tempat tinggal.

Melihat hal tersebut, Gerak Bareng berinisiatif akan membuat shelter sementara. Shelter tersebut nantinya akan diisi satu keluarga. Gerak Bareng akan bekerjasama dengan relawan lokal. 


Kamp pengungsi yang terbakar tersebut adalah Balukhali Camp 8, 9, 10, Ukhiya, Cox’s Bazar, Bangladesh. " Saya pernah datang ke Camp ini Oktober 2017 lalu untuk menyalurkan dan sekarang tempat tersebut terbakar,"kata Founder Gerak Bareng, Ahmad Zaki, Sabtu (27/3/2021)

Kebakaran ini bukan saja menghilangkan tempat tinggal namun juga fasilitas publik seperti jamban, sumur dan kamar mandi


Sementara itu,  Gerak Bareng yang di wakili relawan lokal Bangladesh telah masuk ke lokasi untuk mendistribusikan paket pangan kepada pengungsi Rohingya. 


"Jumlahnya tidak banyak, tapi paling tidak bisa membantu. Saya dan Gerak Bareng mengajak masyarakat untuk donasi , terlebih dua pekan lagi masuk bulan Ramadan dan mereka belum memiliki tempat dan pakaian yang layak karena ikut terbakar," pungkas Zaki.*Adm/ GB