Gerak Bareng Hadir di Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan

Sosial Kemanusiaan, | 06 November 2020 11:08:07

JAKARTA, GB-Sedikitnya 20 lembaga kemanusiaan termasuk Gerak Bareng melaksanakan apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan.


Dalam apel tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa seluruh lembaga kemanusiaan untuk selalu bersiap-siaga menghadapi musim hujan yang sudah mulai akhir tahun ini.

"Kita mendapat kehormatan untuk menjaga nama baik ibukota DKI Jakarta ini. Dalam masa pandemi diharapkan perhatikan seluruh protokol kesehatan dalam semua kegiatan kita. Sebagai manusia kita tetap berikhtiar kepada Tuhan Yang Maha Esa, "ucap Anies Baswedan.

Tantangan musim hujan di Jakarta kali ini sambung Anies Baswedan, bukan hanya di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi, tetapi juga akibat fenomena La Nina yang mengakibatkan curah hujan di Indonesia akan meningkat signifikan.

"Karena itu, pegang teguh tiga kata kunci utama yang menjadi prinsip bagi seluruh petugas, jajaran, dan relawan untuk menghadapi musim hujan yaitu siaga, tanggap dan galang," katanya di hadapan perserta apel di lapangan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/11/2020).

Tiga kunci tersebut adalah

1. Siaga artinya menyiapkan seluruh potensi yang dimiliki untuk menghadapi semua kemungkinan.

2. Tanggap bermakna selalu memantau dengan dekat perkembangan cuaca khususnya hujan sehingga dapat merespon dengan cepat apapun kondisinya.

3. Galang merupakan manifestasi dari kegotongroyongan bangsa dalam menghadapi bencana dengan menghimpun seluruh kekuatan dan saling memanggul bersama amanat yang diembankan.

Acara ini diselenggarakan atas permintaan dari BPBD DKI Jakarta melalui Squad Penanggulangan Bencana. Selain lembaga kemanusiaan, turut hadir jajaran TNI , Polri serta BNPB. GB/ NHP