Menengok Rumah Quran Sembalun, Kantor Berdiri dan Pertanian Mulai Dipersiapkan

Pendidikan, | 05 April 2020 09:25:35


LOMBOK-Saat Tim Gerak Bareng di Jakarta sedang sibuk merespon wabah corona, program lain di daerah juga terus berjalan. Salah satunya adalah pembagunan Rumah Quran Sembalun. Setelah selesai mendirikan masjid Umar Al-Fatih dan kelas untuk para santri, kini gedung kantor telah berdiri dan lahan pertanian mulai dipersiapkan.


Rumah Quran At-Tazkiyyah adalah mimpi besar Gerak Bareng untuk menyiapkan generasi Qurani bagi anak-anak yatim dan duafa penyintas gempa Lombok. Setahun setelah gempa dahsyat mengguncang Sembalun, Lombok Timur, Gerak Bareng menginisiasi Rumah Quran ini di Orong Pusuk Barat, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rumah Quran Sembalun ini kelak akan diikhtiarkan menjadi sebuah desa wisata di kaki gunung Rinjani. Peletakan batu pertama untuk proyek ini dilakukan pada 23 Juli 2019 lalu. Proyek yang berdiri di atas tanah seluas 2.900 meter ini akan menjadi pesantren tahfiz untuk 1.000 santri. Selain itu, Rumah Quran ini juga direncanakan untuk menjadi pusat pembelajaran bagi masyarakat Lombok.

Kearifan lokal pun diwadahi di Rumah Quran Sembalun. Seluruh bangunan di komplek ini didesain dengan arsitektur khas suku Sasak, Lombok. Kelak, tidak hanya menjadi pusat pendidikan Islam dan dakwah, Rumah Quran ini juga akan menjadi pusat pemberdayaan ekonomi dan layanan kesehatan untuk masyarakat Sembalun. Dengan demikian, keberadaannya akan mampu menjadi pendorong dalam membangkitkan kembali perekonomian warga yang sempat ambruk akibat gempa.


Seperti telah disebutkan di atas, saat ini di komplek Rumah Quran At-Tazkiyyah Sembalun telah berdiri masjid Umar Al-Fatih dan satu gedung ruang kelas santri. Pembangunan gedung kantor sedang dilakukan. “Pembangunan kantor kita belum selesai. Bangunan sudah berdiri, baru sampai tahap pendempulan dan amplas,” terang Ahmad Zaki, Founder Gerak Bareng.


Selain pengerjaan ruangan kantor, juga sedang dipersiapkan lahan pertanian untuk Rumah Quran ini. Lahan pertanian sudah mulai siap untuk digarap. “Pembibitan sudah berjalan beberapa waktu lalu. Memang tidak langsung digarap saat terima dana karena faktor cuaca di Sembalun,” lanjut Zaki.

Untuk persiapan area pertanian tersebut, bibit sayuran seperti brokoli sudah mulai dipindah dari persemaian ke lahan di Rumah Quran. Kemudian berikutnya akan dilakukan pengolahan lahan. Rumput liar juga sudah diracun di lokasi pertanian agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Lahan pertanian ini dipersiapkan untuk menjamin ketahanan pangan Rumah Quran Sembalun. 


Perjalanan pembangunan komplek Rumah Quran At-Tazkiyyah Sembalun ini masih jauh. Karenanya Gerak Bareng mengajak kepada para dermawan untuk mewakafkan sebagian rezekinya. Wakaf dapat disalurkan melalui rekening BCA 20 6315 2005 dan BSM 780 780 6868, keduanya atas nama Yayasan Komunitas Gerak Bareng. Kemudian konfirmasi donasi dapat dilakukan dengan menghubungi 0852 1628 8236.

Semoga sinergi dari segenap masyarakat melalui Rumah Quran ini akan mampu mengantarkan masa depan gemilang bagi kehidupan para penyintas bencana gempa Lombok. Juga, semoga keberkahan mengalir bagi para dermawan yang telah berkontribusi bagi proyek peradaban ini. Amin.