Gerilya Relawan Gerak Bareng, Bagikan Sembako Siang Malam

Sosial Kemanusiaan, | 05 April 2020 13:06:33


JAKARTA-Sebagai respon atas wabah corona yang kian merebak dan banyaknya rakyat kecil yang terdampak, Gerak Bareng pun tak henti bergerak. Meneruskan perjuangan pada Maret lalu, sejak Rabu (1/4) Gerak Bareng kembali membagikan paket sembako, APD, masker dan hand sanitizer. Para relawan keliling siang dan malam untuk menyambangi penerima manfaatnya.

Tidak hanya di Jakarta, Gerak Bareng memperluas wilayah pembagian paketnya sampai ke Tangerang, Bogor, dan Bekasi. Pada Jumat (3/4) lalu, sepasukan relawan Gerak Bareng keluar dari markas Garasi Hijrah jelang tengah malam untuk menjalankan misi kemanusiaannya. Ahmad Zaki, Founder Gerak Bareng, memimpin langsung misi ini.

“Sengaja kami bagikan pada malam hari untuk menyapa para pejuang malam yang masih mencari nafkah untuk keluarganya,” ungkap Zaki. Bersamanya, relawan keluar menggunakan empat mobil dan dua motor. Mereka menyebar ke beberapa lokasi, seperti Tanah Kusir, Parung, Pondok Gede, juga kawasan Tangerang. Pasar Kebayoran pun tak luput menjadi target sasaran.


“Selain membawa sembako, kami juga bawa nasi kebuli. Penerimanya tidak hanya pengemudi ojek dan pemulung, kami juga kirim kebuli dan APD ke rumah sakit. Ada tiga rumah sakit yang disasar malam ini, Rumah Sakit Haji Pondok Gede, RSUD Tangerang, dan Rumah Sakit UIN,” lanjut Zaki.


Setelah cukup istirahat, para relawan Gerak Bareng kembali bergerak pada Sabtu siang (4/4). Mereka membagikan kembali membagikan sembako, nasi kebuli, masker dan hand sanitizer di Jalan Raya Kebayoran Lama. Namun kali ini istimewa, ada tambahan 200 gelas cappucino cincau buatan ayahanda Harun, korban tertembak pada aksi 21-22 Mei 2019 lalu. Dagangan orang tua Harun itu sedang sepi karena merebaknya corona, sehingga Gerak Bareng memborongnya untuk dibagikan kembali.


Pada misi siang hari ini Gerak Bareng membagikan sembako untuk para sopir angkot, sedangkan nasi kebuli, cappucino cincau, masker dan hand sanitizer menjadi rezeki para pengemudi ojek dan warga sekitar. Ketua RW 1 Sukabumi Selatan pun ikut turun membagikan paket bantuan ini.


Meski sibuk berbagi tugas untuk memasak dan mengemas nasi kebuli, juga mempersiapkan Ramadhan, namun Gerak Bareng tetap melaksanakan kontribusinya menyemprotkan disinfektan. Jumat (3/4) Relawan Disinfektan Gerak Bareng menyemprot SMA 70 Bulungan. Hanya satu lokasi yang bisa dilayani karena keterbatasan jumlah relawan hari itu.


Hingga Ahad (5/4) ini Gerak Bareng telah membagikan sembako sebanyak 558 paket, dan 1.428 boks nasi kebuli. Kemudian jumlah hand sanitizer yang telah dibagikan kepada publik mencapai 584 botol. Selain itu Gerak Bareng juga membagikan sajadah kepala untuk beribadah di masjid. Sebanyak 311 sajadah telah dibagikan.

Untuk pencegahan corona, Relawan Disinfektan Gerak Bareng telah menyemprot 150 lokasi dengan luas total mencapai 126.143,85 meter persegi. Lokasi tersebut dimanfaatkan sebanyak 43.647 jiwa. Gerak Bareng juga telah mendistribusikan bilik disinfektan di ruang publik yang strategis. Lima bilik disinfektan telah berdiri di puskesmas dan kantor walikota di wilayah DKI Jakarta.