Tunaikan Zakat untuk Kebangkitan Islam

Ekonomi, | 08 June 2022 22:32:53

Assalamu'alaikum bestie Teman-taman tau tidak bahwasanya dari harta yang kita miliki ada sekitar 2,5% miliki orang lain loh. Jangan sampai seluruh harta tersebut kita simpan dan kita makan sendiri ya teman-teman.

Seluruh harta dan kekayaan yang kita miliki, semuanya merupakan titipan yang diberikan oleh Allah swt kepada kita So, Jangan lupa untuk menunaikan zakat ataupun sedekah dari penghasilan nya ya...

Sesungguhnya Allah swt. hanya menitipkan harta dan kekayaan-Nya kepada kita, bukan untuk dinikmati sendiri, melainkan ada hak orang lain dari sebagian rezeki kita.

Lalu siapa saja yang berhak menerima Zakat, Infaq, Sedekah ? yakni ada 8 Asnaf penerima zakat, di antaranya fakir, miskin, amil zakat, mu'alaf, riqab (budak), gharim (memiliki banyak hutang), fisabilillah (pejuang di Jalan Allah), dan ibnu sabil (musyafir atau perantauan).


Hanya 2,5% dari Seluruh hartamu (Gaji, Tabungan, Aset, lainnya) sudah sampai nishabnya. Allah menjamin harta yang kita keluarkan tidak akan berkurang. Justru akan semakin bertambah karena keberkahannya.

"Manakala memperoleh rezeki, haruslah kita keluarkan hak orang, bisa lewat sedekah, infak, sumbangan anak yatim, dan (kewajiban) zakat. Bahwa dalam setiap harta terdapat hak orang lain (orang yang meminta-minta dan orang yang tidak meminta-minta)". (QS Adz-Dzaariyaat : 19)

Teman-teman semuanya, mari kita tunaikan zakat karena didalamnya ada sebagian dari hak orang lain. Semoga Allah memberikan kemudahan dan kelapangan rezeki untuk berbagi kepada sesama.

Penulis:
Wahyu Illahi, bagian dari Yayasan Gerak Bareng