Please Buy Food for Those Who Needs

Kemanusiaan, | 20 April 2020 09:21:35


Kalimat itu tertulis dalam secarik kertas yang dihantarkan ke markas Gerak Bareng. Ditulis dengan tulisan tangan berantakan khas anak-anak. Bersama secarik kertas ada celengan dari kaleng, sedang saja ukurannya. Jumat (17/4) lalu, seorang gadis kecil bernama Faiza menyumbangkan tabungannya dan mengamanahkan untuk membelikan makanan bagi mereka yang kesusahan.

To Tim Gerak Bareng, I give all my money to you and please buy food for those who needs,” demikian isi lengkap surat Faiza. Ummi-nya yang mengirimkan tabungan beserta surat itu ke Garasi Hijrah, markas Gerak Bareng di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Ummu Faiza juga menceritakan percakapannya dengan putrinya itu. “Sebelumnya Faiza nanya ke saya, ‘How many poor people that we can give food with satu juta?’,” kisah Ummu Faiza. Dirinya pun kemudian menjelaskan bahwa satu porsi nasi kebuli Bang Jek seharga Rp 25.000,00, sehingga dengan uang satu juta mereka bisa memberi kebuli untuk 40 orang.


Mendengar penjelasan Ummi-nya, Faiza pun tersenyum senang dan mengangsurkan uangnya. “Here is the money. Buy food for them ya...,” ujar Faiza dengan Bahasa Inggris yang fasih. Uang tabungan Faiza itu terdiri dari uang kertas pecahan 2 ribu, 5 ribu, 10 ribu, 50 ribu, dan 100 ribu. Selain itu, ada juga sedikit uang logam.

Sesampainya di Garasi Hijrah, Tim Keuangan Gerak Bareng langsung menghitungnya. Jumlahnya pas satu juta rupiah. Yuan, Keuangan Gerak Bareng pun segera menuliskan balasan untuk surat Faiza. “Thank you so much, Faiza. Barakallahu fiik,” tulis Yuan.


Untuk ukuran anak-anak, uang yang disumbangkan Faiza lumayan besar. Namun ada hal yang lebih penting dari sekadar nominal uang itu. Ya, benih kepedulian dalam diri Faizalah yang membuat sumbangannya ini terasa begitu berharga. Apalagi ia mau merelakan uang yang dengan sabar dikumpulkannya untuk membantu orang lain.

MasyaAllah. Tabarakallah, Faiza... Semoga keberkahan mengalir abadi untuk Faiza, dan Allah kuatkan hidayah bagi Faiza sehingga kelak mampu menjadi penebar manfaat bagi sesama. Aamiin.