Niat Puasa Ramadhan

Ramadhan, | 22 March 2022 15:15:42

Teman-teman, Alhamdulillah bulan Ramadhan hampir tiba di ujung mata kita. Sebagai umat Muslim, tentu kita sangat bersukacita menyambut kedatang bulan Ramadhan. Selama bulan Ramadhan ini, umat Islam wajib mengerjakan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya fajar. Perintah tersebut datang langsung dari Allah SWT kepada hamba-Nya. Sebagaimana dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 183, yang berbunyi:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Jelang memasuki bulan suci Ramadhan, mari mengingat kembali bacaan niat puasa Ramadhan yang merupakan salah satu rukun ini sebagai langkah untuk menyiapkan diri.

"Barang siapa yang tidak berniat puasa di malam hari sebelum terbitnya fajar, maka tidak ada puasa baginya." 

Berbeda dengan puasa sunnah yang niat puasanya boleh dibaca setelah fajar atau terbitnya matahari-dengan syarat belum makan apa pun, bacaan niat puasa Ramadhan wajib dibaca pada saat malam hari sebelum terbit fajar.

Berikut bacaan niat puasa Ramadhan yang bisa dilafalkan oleh umat Islam



Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Batas akhir melafalkan niat puasa adalah hingga terbit fajar atau dengan kata lain sebelum memasuki waktu subuh. Orang muslim Indonesia pada umumnya mengenal istilah ‘waktu imsak’. Waktu imsak ini yang menjadi penanda bahwa subuh akan segera tiba dan fajar akan segera terbit. Hal inilah yang menjadi pengingat muslim Indonesia untuk segera mengakhiri sahur agar tidak terlewat waktu fajar tiba.

Kini, Yayasan GERAK BARENG menyediakan paket Eksklusif Bundling Ramadhan yang terdiri dari Buletin Gerak Bareng, Brosur Ramadhan, serta jadwal Imsakiyah dan Adzan Maghrib yang bisa didapatkan secara gratis! klik di sini untuk mendapatkan filenya!