Lakukan 8 Hal Ini agar Puasa Ramadhanmu Lancar

Kategori Artikel, | 20 April 2020 09:04:20


Sahabat, tak terasa Ramadhan tinggal menghitung hari nih. Sudah siapkah Sahabat sekalian menjalankan ibadah puasa di bulan suci ini? Memang jika dipandang sekilas harus puasa sebulan penuh itu berat ya?! Nah, Gerak Bareng punya tips mempersiapkan diri agar puasa Ramadhan kita lancar. Simak ya di ulasan berikut ini!

Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam penanggalan Hijriah. Kewajiban untuk berpuasa pada bulan suci ini termaktub dalam QS. Al-Baqarah Ayat 185. Berikut adalah terjemah dari ayat tersebut, “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjukNya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Allah juga telah memberikan petunjuk tentang kewajiban berpuasa pada dua ayat sebelumnya yaitu QS. Al-Baqarah Ayat 183 dan 184. Sahabat bisa membaca dan mengkajinya untuk menguatkan pemahaman tentang puasa Ramadhan.

Saat Allah mewajibkan kita melakukan sesuatu, maka pasti ada banyak manfaat yang bisa kita ambil. Demikian pula dengan puasa. Selain bermanfaat secara rohani, puasa juga banyak membawa manfaat bagi jasad kita.

Bagi yang belum terbiasa, harus berpuasa satu bulan penuh pasti terasa berat. Maka, yuk, persiapkan diri kita agar ibadah puasa nanti terasa lebih mudah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan:


1.       Latihan dengan puasa sunah

Peribahasa mengatakan, “Alah bisa karena biasa”. Sebuah pekerjaan tidak lagi akan terasa berat karena terbiasa kita lakukan, demikian arti bebas dari peribahasa itu. Begitu pula dengan puasa. Maka dari itu, berlatih dengan menjalankan puasa sunah sangatlah dianjurkan. Sahabat bisa memilih puasa sunah yang akan dijalankan, bisa puasa sunah Senin Kamis, puasa Daud, atau puasa Ayyamul Bidh (puasa tiga hari di tengah bulan Hijriah).

 2.       Lebih banyak mengonsumsi cairan

Jelang puasa wajib di bulan Ramadhan nanti, kebugaran tubuh haruslah dipersiapkan. Salah satunya adalah menyediakan asupan cairan yang cukup. Karenanya berlatih dengan mengonsumsi cairan yang lebih banyak dapat dilakukan.


 3.       Konsultasi ke dokter

Jika Sahabat memiliki riwayat penyakit atau kondisi badan tidak prima, sehingga dikhawatirkan puasa akan berdampak pada kesehatan, segeralah konsultasi ke dokter. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan solusi terbaik. Ingatlah bahwa Allah juga memberikan keringanan dengan memperbolehkan tidak berpuasa bagi mereka yang memiliki kondisi tertentu, seperti yang tertera pada QS. Al-Baqarah Ayat 185 di atas.  

 4.       Perbanyak membaca Al-Quran dan berdzikir

Saat puasa nanti, godaan pasti sangat banyak karena itu adalah sunatullah. Karenanya, kita memerlukan ketahanan batin agar dapat menjalankan puasa dengan komitmen dan konsisten. Salah satu cara memperkuat pertahanan batin adalah dengan memperbanyak baca Quran dan berdzikir. Keduanya merupakan sarana mendekatkan diri pada Allah.


 5.       Siapkan kurma

Selain merupakan sunah Rasul saat berbuka, kurma ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Karenanya banyak mengonsumsi kurma saat puasa dapat memperkuat daya tahan tubuh. Rasulullah mencontohkan untuk makan kurma dalam jumlah ganjil, 1, 3, 5, 7, dan seterusnya sesuai kebutuhan.

 6.       Siapkan harta terbaik untuk bersedekah

Salah satu pelajaran yang diberikan kepada kita lewat puasa Ramadhan adalah memperbesar empati. Ya, dengan berpuasa kita bisa merasakan perihnya menahan lapar. Karenanya, inilah saat terbaik untuk mengeluarkan sedekah bagi mereka yang membutuhkan. Maka, yuk persiapkan harta terbaik untuk bersedekah! Dengan memperbesar empati inilah yang pada akhirnya mampu menguatkan kita untuk menyelesaikan puasa satu bulan lamanya.


 7.       Mengajarkan anak-anak untuk rajin beribadah

Dukungan keluarga juga sangat penting agar kita mampu menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Karenanya, mengajarkan anak-anak berpuasa dan menunaikan ibadah lainnya menjadi hal yang krusial untuk dilakukan. Saat mengajar anak, mau tidak mau kita menjadi contoh kan?! Masa yang mengajar kalah sama yang diajar, ya nggak?! Nah, mengajar akhirnya menjadi motivasi untuk kita terus puasa dan istiqomah dalam ibadah lainnya.

 8.       Persiapkan fisik dan mental

Coba bayangkan Sahabat dalam kondisi akan bertemu dengan keluarga yang telah lama terpisah jauh. Senang sekali bukan?! Energi kebahagiaan inilah yang akan menjadi semangat saat bertemu nanti, sehingga semua kegiatan yang dilakukan bersama keluarga terasa menyenangkan. Nah, demikian juga dengan Ramadhan. Jika kita senang dan antusias menyambutnya, saat Ramadhan datang nanti kita juga akan bersemangat menjalankan ibadah.

Demikianlah delapan tips yang bisa kita lakukan jelang Ramadhan ini ya Sahabat. Semoga Allah mudahkan kita menjalankan ibadah di bulan suci ini, sehingga kita bisa lulus dari madrasah Ramadhan dengan gelar takwa. Allahumma bariklana fii Rajab wa Sya’ban wa balighna Ramadhan. Aamiin.