Infaq Terbaikmu Berharga Untuk Mereka

Ramadhan, | 20 April 2022 21:28:51


Indonesia dengan populasi muslim terbesar kedua di dunia belum tentu masyarakatnya memahami tentang aturan-aturan islam. Sebagai non government organization, banyak para aghniya Gerak Bareng masih sering bertanya soal apa beda infaq dengan sedekah.

Sedekah atau dalam bahasa Arab disebut dengan “Shadaqah” yang artinya adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi waktu dan jumlah tertentu.

Dalam hal ini sedekah lebih luas dari sekedar zakat ataupun infaq. Sedekah dalam bentuk harta selain zakat dikenal dengan infaq.

Infaq berasal dari kata anfaqa-yunfiqu, yang artinya membelanjakan atau membiayai. Dengan demikian infaq hanya berkaitan dengan atau hanya dalam bentuk materi saja.

Menurut kamus bahasa Indonesia, infaq adalah mengeluarkan atau membelanjakan harta yang mencakup zakat dan non zakat. Sedangkan menurut terminologi syariat, infaq berarti mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan/penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam.

Menurut Surah Al Baqarah ayat 245 dikatakan:

“Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”

Infaq sendiri ada yang wajib dan ada yang sunnah. Infaq wajib diantaranya kafarat, nadzar, zakat dan sebagainya. Infaq sunnah diantaranya infaq kepada fakir miskin sesama muslim, infaq bencana alam dan lainnya.

Infaq yang diberikan seorang muslim berdampak nyata terhadap kesulitan saudara muslim atau orang yang mengalami kesulitan ekonomi.

Dalam berinfaq, ada 4 rukun yang harus dipenuhi ketika melakukan atau mengerjakan infaq yaitu:

  1. Pemberi infaq atau yang melakukan infaq disebut dengan muwafiq.
  2. Penerima infaq atau orang yang berhak dan menerima manfaat infaq disebut dengan muwafiq lahu.
  3. Materi yang diinfaqkan. Sebab dalam infaq hanya sebatas pada materi, tidak seperti sedekah yang mencakup materi atau non materi.
  4. Penyerahan atau serah terima (ijab Kabul).

Keempat rukun ini harus terpenuhi agar infaq dapat dianggap sah.

Manfaat Penyaluran Infaq

Dalam menyalurkan infaq terdapat beberapa manfaat yaitu:

  1. Sarana pembersih jiwa.
  2. Rasa peduli terhadap sesama
  3. Sarana untuk meraih pertolongan Allah
  4. Ungkapan rasa syukur kepada Allah

Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa tujuan utama dari Infaq adalah membantu kaum fakir miskin untuk terbangun suasana takaful (saling tolong menolong) dan tadhamun (rasa sepenanggungan).

Gerak Bareng menerima infaq yang dititipkan dan disalurkan melalui program-program karitatif yang diberikan kepada para fakir miskin, dhuafa, dan kaum marginal. Di tengah kondisi pandemi yang belum berakhir, infaq terbaikmu akan sangat berdampak.

Infaq terbaikmu akan sangat berharga untuk mereka yang membutuhkan. Berikan Infaq terbaikmu di sini!