Doa Berbuka Puasa

Ramadhan, | 23 March 2022 13:58:57

Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, hal yang paling bahagia ditunggu adalah waktu berbuka. Saat adzan maghrib berkumandang, orang-orang akan ‘berlomba’ untuk melepas dahaga dan lapar yang sudah seharian tertahan. Mendengar suara adzan maghrib selama bulan Ramadhan rasanya sangat membahagiakan kan teman-teman?

Namun sebenarnya ada dua kenikmatan yang akan diberikan Allah bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa. Seperti sabda Rasulullah SAW “Bagi orang yang berpuasa itu dua kebahagiaan, ia berbahagia ketika berbukanya dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Tuhannya.” (Muttafaq ‘Alaihi)

Tak dapat dipungkiri bahwa kegiatan berbuka puasa menjadi hal yang paling ditunggu selama bulan Ramadhan. Selaras dengan hal tersebut, menyegerakan berbuka puasa dan membaca doa berbuka puasa merupakan adab sunnah dalam puasa. Rasulullah Saw bersabda: “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no. 1957 – Muslim no. 1098).

Nah, berikut adalah doa yang dapat kita panjatkan untuk berbuka puasa:

Ada dua versi doa berbuka puasa yang bisa dilafadzkan oleh umat Islam. Pertama, sebagaimana diriwayatkan dalam HR. Bukhari & Muslim:

Artinya:" Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Kedua, diriwayatkan dalam HR. Abu Daud, dari Ibnu Umar ra. Rasulullah SAW ketika berbuka puasa mengucapkan:


Artinya: "Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah."

Setelah membaca doa berbuka puasa, umat Muslim juga dianjurkan untuk memanjatkan doa sebanyak-banyaknya karena doa orang yang berpuasa tidak akan tertolak. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda ”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap Muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar)

Kini, Yayasan GERAK BARENG menyediakan paket Eksklusif Bundling Ramadhan yang terdiri dari Buletin Gerak Bareng, Brosur Ramadhan, serta jadwal Imsakiyah dan Adzan Maghrib yang bisa didapatkan secara gratis! klik di sini untuk mendapatkan filenya!