Delapan Hal yang Harus Dilakukan Jika Terpaksa Keluar Rumah

Kemanusiaan, | 06 June 2020 22:28:30



Pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran corona, utamanya di kawasan Jabodetabek sebagai epicentrum wabah. Konsekuensi dari hal tersebut adalah larangan beraktivitas keluar rumah kecuali untuk hal yang sangat perlu. Nah Sahabat, jika kamu termasuk yang terpaksa harus keluar rumah, ada delapan hal yang harus kamu lakukan.  Simak ulasan lengkapnya ya!


Ada beberapa kelompok masyarakat yang terpaksa harus keluar rumah meski PSBB diberlakukan. Mereka misalnya para pekerja harian, pegawai pemerintah, pekerja sosial, atau pun karyawan di perusahaan yang harus tetap beroperasi. Selain itu, ada juga mereka yang memiliki kepentingan mendesak seperti berobat atau belanja keperluan sehari-hari.

Sahabat termasuk satu di antara mereka? Gerak Bareng punya tips untuk kamu agar selalu aman ketika harus keluar rumah. Apa sajakah itu?

1.       Jaga jarak

Virus corona menyebar melalui cairan penderita yang tersembur saat batuk atau bersin. Karenanya, menjaga jarak dengan orang lain adalah hal yang krusial. Jarak aman yang direkomendasikan adalah minimal satu meter.

 2.       Hindari keramaian

Berada pada keramaian atau kepadatan orang meningkatkan risiko tertular corona karena sebab seperti poin pertama di atas. Karenanya menghindari keramaian adalah hal yang bijak untuk dilakukan.

 3.       Jaga kesehatan

Virus corona bisa ditangkal dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itulah kita perlu memperbanyak konsumsi makanan bergizi juga mengonsumsi vitamin. Di samping itu olahraga juga diperlukan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan fit.

 4.       Beli tiket yang refundable

Jika Sahabat bepergian menggunakan kendaraan umum dan harus beli tiket jauh-jauh hari seperti pesawat terbang, sebaiknya belilah tiket yang refundable. Tiket yang dapat dikembalikan atau diuangkan kembali ini berfungsi sebagai langkah preventif. Jika sewaktu-waktu batal berangkat karena kondisi yang tidak memungkinkan, uang Sahabat tidak akan terbuang percuma.

 5.       Bawa hand sanitizer

Pemerintah dan para ahli memang berpendapat bahwa mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir akan jauh lebih efektif membunuh virus. Namun jika Sahabat sedang dalam perjalanan dan sulit mendapatkan air dan sabun, hand sanitizer bisa menjadi solusi. Pilihlah pensteril tangan ini yang memiliki kandungan alkohol minimal 60 persen. Hal ini agar hand sanitizer yang Sahabat gunakan betul-betul bisa membunuh kuman, bakteri, dan virus.

 6.       Sering mencuci tangan

Tangan adalah pintu gerbang masuknya virus corona ke dalam tubuh penderitanya. Sifat virus corona yang bisa menempel pada permukaan benda dan bertahan hidup di sana, membuat si virus mampu berpindah saat tangan Sahabat menyentuh benda-benda tersebut. Tangan yang sudah terkontaminasi virus itu pun dengan mudah dapat memasukkan virus melalui mulut, hidung, atau mata lewat sentuhan. Karena itu hindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan.

 7.       Gunakan masker

Saat ini pemerintah juga mewajibkan seluruh warga negaranya untuk menggunakan masker ketika keluar rumah. Kebijakan ini memang mengalami pergeseran, dari yang awalnya kewajiban bermasker hanya untuk mereka yang sakit saja. Namun karena muncul fenomena baru di mana seseorang kedapatan positif covid 19 meski tanpa gejala, akhirnya kewajiban bermasker ini pun diberlakukan.

 8.       Waspada dan berdoa

Setelah tujuh ikhtiar di atas Sahabat lakukan, maka yang terakhir adalah terus meningkatkan kewaspadaan seraya tak putus berdoa. Selain doa untuk keselamatan diri dan keluarga dari virus corona juga berbagai musibah lainnya, Sahabat jangan lupa doakan keselamatan untuk Indonesia ya?! Pilihlah waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa, sehingga Allah lebih cepat mengabulkannya.

Para tim dan relawan Gerak Bareng termasuk dalam kelompok masyarakat yang terpaksa harus keluar rumah. Hal ini karena kami harus membagikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Jika Sahabat tidak perlu-perlu amat, mohon tetap di rumah saja ya?! Demi keselamatan diri dan keluarga Sahabat sekalian. Semoga pandemi ini segera berakhir agar kita bisa beraktivitas seperti biasa lagi. Amin.