Bahagianya Mereka yang Memberi Makan Orang Lain

Dakwah, | 03 March 2022 22:29:21

Memberi makan kepada orang lain adalah bentuk nyata dari cinta kepada sesama. Namun banyak yang tidak tahu banyak sekali keutamaan memberi makan yang Allah gambarkan di dalam Al-Quran termasuk ganjaran bagi orang yang melakukannya.

Di dalam Al Quran disebutkan bahwa orang yang memberi makan akan dapat menempuh jalan mendaki dan sukar (aqabah).

Allah SWT bertanya, “Dan tahukah kamu apakah kiranya jalan mendaki dan sukar itu?” Allah SWT bertanya “Dan tahukah kamu apakah kiranya jalan yang mendaki dan sukar itu? ( QS. Al Balad/90-12). Pertanyaan ini dijawab sendiri oleh Allah SWT, “… Memberi makan pada hari kelaparan.” (QS Al Balad/90:14)

Tak hanya berpahala memberi makan juga dipuji oleh Nabi SAW “Sesungguhnya orang terbaik diantara kalian adalah prang yang memberi makan kepada orang lain.

1. Menghapus Dosa 

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”

2. Mendapat Naungan Allah di Hari Akhir

“Tiga perkara siapapun yang ada padanya, kelak akan dinaungi oleh Allah dibawah ArsyNya pada hari tidak ada naungan kecualI naunganNya. Yaitu berwudhu pada waktu cuaca dingin, mendatangi masjid meskipun gelap, dan memberi orang yang kelaparan” (HR Abu Muslim Al Ashbahani)

3. Gerbang Khusus Bagi Orang Yang Memberi Makan

“Baransiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah Akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surge yang tidak dimasukin orang lain.” (HR Thabrani)

4. Mendapatkan Ganjaran Terbaik di Surga

Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya di surge terdapat sejumlah kamar yang bagian luarnya terlihat dari bagian dalamnya dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. Lalu seorang Arab Badui berdiri lalu bertanya, “Ya Rasulullah untuk siapa kamar-kamar itu?” Nabi SAW menjawab,

“… untuk orang yang memberi makan…” (HR Tirmidzi)

Teman teman yang ingin berbagi bahagia melalui sedekah makanan kepada orang lain khususnya dhuafa, bisa ikut donasi ke Sedekah Makan dengan klik disini.